Skip to main content

Cara Install WordPress Di VPS Ubuntu/Debian Tanpa Menggunakan Kontrol Panel (cPanel, Server Pilot, Webmin, dll)

Ridho.ID – Pada tutorial kali ini bangjack akan share mengenai cara install wordpress di VPS ubuntu atau debian tanpa menggunakan kontrol panel (manual). Sudah banyak tutorial-tutorial berserakan di om google yang sudah menjelaskan cara install wordpress menggunakan cpanel, server, pilot dll. Cara ini bermanfaat bagi kalian para blogger yang ingin menggunakan wordpress sebagai platform bloggingnya dengan menyewa VPS dimana resource RAM dan CPU dengan spesifikasi kecil. Baiklah tanpa basa basi lagi kita mulai langkah-langkah instalasi nya. Harap diikuti dengan benar agar tidak mengalami kesalahan saat proses instalasi berlangsung.

Langkah Pertama – Instalasi Web Server, Database dan PHP :

Sebelum install wordpress pastikan terlebih dahulu VPS sudah terinstall LAMP atau yang dikenal dengan linux, apache, MySql, dan PHP. Bagi yang belum menginstall LAMP dapat langsung melihat artikel Cara Install LAMP di VPS Debian/Ubuntu. 

Langkah Kedua – Instalasi dan Konfigurasi WordPress :

Selanjutnya download wordpress dengan cara mengetikkan perintah seperti dibawah ini.

1

Setelah proses download selesai ekstrak file wordpress dengan perintah :

2

Setelah itu kita buat database,  kali ini saya membuat dengan nama db_wordpress (nama database terserah mas bro) melalui MySQL Shell. Perintah nya sebagai berikut :

3

4

Apabila sudah selesai berhasil membuat database, selanjutnya buat user baru untuk akses ke database. Berikut perintah membuat user baru dan passwordnya. Untuk nama user disesuaikan saja sesuai keinginan mas bro :).

5

Buat passworduserbaru untuk userbaru :

6

Berikan hak akses pada userbaru (privileges) agar pada saat instalasi wordpress dapat berjalan. Perintah nya sebagai berikut.

7

Kemudian refresh MySql dengan perintah berikut :

8

Setelah itu keluar dari MySQL shell dengan mengetikkan perintah exit :

Langkah berikutnya yaitu copy paste file wp-config-sample.php dengan nama baru wp-config.php yang terdapat folder wordpress yang telah didownload sebelumnya. File ini berfungsi untuk mengisi konfigurasi dari nama database, password dan lain-lain. Berikut perintah yang digunakan untuk mengcopy paste file tersebut.

9

Selanjutnya edit file wp-config.php yang telah di copy paste tadi dengan perintah :

10

Cari dan isi nama database, user, dan password yang terdapat pada file wp-config.php sesuai dengan database dan user yang telah dibuat sebelumnya. Contoh seperti dibawah ini.

11

Lalu save file dan exit dengan menggunakan perintah ctrl+x lalu tekan y dan enter. Setelah itu lakukan copy folder wordpress ke dalam direktori root web server (/var/www) dengan perintah :

12

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah mengatur permission dengan cara masuk ke direktori web server sebagai berikut :

13

Setelah itu ketikkan perintah :

14

Apabila modul php-gd belum terinstall, lakukan instalasi dengan perintah berikut :

15

Sampai disini konfigurasi dari instalasi wordpress telah selesai dilakukan, kemudian akses pada web browser dengan mengetikkan url http://ip-vps-atau-domain/. Setelah itu isi form-form yang diperlukan seperti nama web/blog, deskripsi web/blog, user dan password. 

Demikian lah cara instalasi wordpress di VPS tanpa menggunakan kontrol panel, memang sedikit ribet tetapi sangat mudah dipahami apabila terus dan terbiasa dilakukan. Silahkan ketik komentar dibawah ini apabila ada yang ingin bertanya atau mengalami error saat proses instalasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *