Skip to main content

Cara Install Apache, MySQL, Dan PHP (LAMP) Di VPS Ubuntu/Debian

Ridho.ID – Postingan bang jack yang ini membahas tentang cara menginstal LAMP di server terutama di VPS sesuai judul diatas kawan. Apa itu LAMP? LAMP adalah suatu kelompok perangkat lunak yang bersifat open source terdiri dari Linux, Apache, MySQL, dan PHP untuk membangun dan menjalankan suatu web server. Baiklah langsung saja kita mulai yang pertama kita install apache terlebih dahulu yang berfungsi sebagai web server. Caranya adalah dengan mengetikkan perintah dibawah ini di terminal meggunakan putty atau sejenisnya  :

16

Setelah selesai melakukan install apache, silahkan cek dengan mengakses di web browser dengan url http://ip-vps-atau-domain/. Maka akan tampak hasilnya seperti gambar dibawah ini. 

apache2-hak cipta - ridho.id

Setelah berhasil install apache, berikutnya kita lanjutkan dengan menginstall MySQL dengan menggetikkan perintah dibawah ini.

17

Saat instalasi berlangsung nantinya kita akan mengisikan password dari mysql server yang akan dibuat. Isikan password terserah kalian, nantinya kita akan disuruh mengisi password 2 kali. Contoh gambar dibawah ini.

mysqlinstall2mysqlinstall3

 

 

 

 

Selesai, MySQL server telah berhasil di install, selanjutnya yang terakhir menginstall PHP. Untuk menginstall PHP ketikkan pada terminal seperti berikut.

18

PHP memiliki banyak library yang berguna dan dapat digunakan atau ditambahkan ke dalam VPS. Untuk melihat list module php dari library adalah dengan cara mengetikkan perintah ” apt-cache search php5- “. Nanti akan muncul list modul php dari library yang tersedia seperti berikut.

19

Untuk menginstall modul php yang terdaftar diatas cukup dengan mengetikkan ” sudo apt-get install nama modul “.

Sampai disini kita sudah berhasil menginstal LAMP di VPS, dan untuk mengecek apakah php sudah terinstall apa belum kita dapat membuat file php di direktori /var/www/html dengan cara mengetikkan perintah sebagai berikut.

20

Lalu setelah itu masukkan source code seperti ini.

21

Simpan file info.php dengan menekan ctrl+x lalu ketik “y” dan enter. Lakukan restart apache dengan menggunakan perintah.

22

Buka web browser dengan mengetikkan url http://ip-vps-atau-domain/info.php. Tampilan nanti nya kira-kira akan seperti gambar dibawah ini.

phpinstall6

Sekian dari bang jack tentang cara menginstal LAMP di VPS Ubuntu/Debian, apabila ada pertanyaan-pertanyaan silahkan isi di kolom komentar.

2 thoughts to “Cara Install Apache, MySQL, Dan PHP (LAMP) Di VPS Ubuntu/Debian”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *